You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Dinas KPKP Gelar Bimtek dan Sertifikasi Penyangraian Biji Kopi
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Dinas KPKP Adakan Bimtek dan Sertifikasi Penyangraian Biji Kopi

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sertifikasi Penyangraian (Roasting) Biji Kopi Angkatan 2 Tahun 2024 di Training Centre Pertanian, Klender, Jakarta Timur pada 30 Juli sampai 9 Agustus.

" kegiatan ini membantu wirausaha muda untuk mengembangkan bisnisnya,"

Kegiatan ini diikuti sebanyak 30 peserta yang merupakan UMKM di bidang usaha olahan kopi dengan pengalaman minimal satu tahun.

Peserta mengikuti Bimtek oleh LPK Arga Coffee Creative selama tiga hari dilanjutkan dengan Sertifikasi Profesi BNSP skema Coffee Roasters oleh Lembaga Sertifikasi Profesi BKB dan Farm Trip ke Kebun Kopi KMM Kertasari, Bandung.

DWP DKI Gelar Pelatihan Barista di Flona 2024

Adapun materi yang diberikan kepada peserta yakni, Industri Penyangraian Kopi Mikro, Pengetahuan tentang Penyangraian Kopi (Coffee Roasting Knowledge), Sortasi Kopi Biji Mentah (Green bean) dan teknik Menyampur Dua/ Lebih Jenis Kopi (Blending). Materi lainnya yakni, Pengenalan Mesin Sangrai Kopi, Praktek Mengoperasikan Mesin Sangrai Kopi dan Praktek Pengembangan Produk Kopi.

Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Mujiati mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan daya saing produk Industri Pengolahan Kopi UMKM Jakarta Entrepreneur.

“Dengan sasaran kegiatan pada pengembangan kompetensi SDM dan sertifikasi kompetensi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan,” ujarnya, Rabu (7/8).

Mujiati menjelaskan, kopi saat ini berkembang di kalangan anak muda bukan hanya sebagai minuman, tetapi sudah menjadi gaya hidup. Menurutnya, melalui kegiatan ini diharapkan pelaku usaha di bidang olahan kopi dapat meningkatkan daya saing tidak hanya tingkat nasional namun juga Internasional.

“Peluang bisnis dalam meracik dan menyajikan kopi dengan berbagai varian cukup menjanjikan. Selain meningkatkan kemampuan para peserta, kegiatan ini membantu wirausaha muda untuk mengembangkan bisnisnya atau naik kelas menjadi seorang barista yang mumpuni dan andal,” tandas Mujiati.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2115 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1767 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1349 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Dinkes Gelar Serangkaian Acara Peringatan Hari Farmasi Sedunia

    access_time25-09-2024 remove_red_eye1317 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pemprov DKI Raih Peringkat Pertama Penghargaan Anindhita Wistara Data BPS

    access_time26-09-2024 remove_red_eye979 personFolmer